Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan

Suasana masjid istiqlal saat sholat jumat (images google)
Al Fath Blog - Hari Jumat, seperti sudah kita ketahui adalah Hari Istimewa bagi umat muslim. Di hari ini, umat muslim, khususnya kaum Adam melaksanakan shalat Jumat yang datang setiap pekannya.

Hari Jumat merupakan hari yang memiliki banyak sekali keutamaan dibanding hari-hari lainnya. Nah, Apa sajakah keutamaan dan keberkahan hari Jumat di bulan ramadhan?

Keutamaan Jumat di Ramadhan

Hari terbaik

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu tentang keutamaan dan kemuliaan hari Jumat, yang artinya, “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu, adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari dimana ia dimasukkan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Bahkan Rasulullah berkata yang dijelaskan dalam Hadis Riwayat Ahmad, “Hari Jumat adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jumat ini lebih mulia dari Hari Idul Fitri dan Hari Idul Adha di sisi Allah.”

Terdapat waktu mustajab untuk berdoa

Dalam Hadis Riwayat Abu Hurairah dijelaskan bahwa pada hari Jumat terdapat waktu mustajab (doa mudah dikabulkan) bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.

Dari berbagai macam pendapat tentang waktu mustajab itu, ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadis yang sahih, yaitu pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat dan kedua, yaitu setelah waktu Ashar.

Sedekah di hari Jumat lebih utama

Sedekah pada hari Jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari-hari yang lain.

Sedekah di hari Jumat, dibandingkan sedekah di hari lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan Ramadan dengan sedekah di bulan-bulan selain Ramadhan. Seperti yang dijelaskan seorang Imam Sunni dan juga ahli Fiqih Ibnu Qoyyim, yang artinya, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.”

Allah menampakkan diri di hari Jumat

Hal ini seperti dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Qaaf ayat 35, “Allah menampakkan diri kepada mereka di hari Jumat.”

Hari dihapuskannya dosa-dosa

Dari Abu Hurairah RA - dari Rasulullah SAW - bersabda: "Sholat lima waktu, dari Jum'at yang satu ke Jum'at yang berikutnya,dari Ramadhan yang satu ke Ramadhan yang berikutnya itu dapat menjadi penghapus dosa-dosa antara jarak keduanya itu, jikalau dosa-dosa besar dijauhi." (Riwayat Muslim).

Demikian, Wassalam.
Sumber artikel: 1001inspirasiramadan

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel