Inilah Tanda-tanda Malam Lailatul Qodar Datang

malam lailatul qadar
source:rileklah
Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar, Lailatul Qodar adalah malam yang sangat istimewa di bulan ramadhan, malam itu lebih baik daripada 1000 bulan. Maka banyak orang yang mengejar untuk mendapatkan kemuliaan malam lailatul qodar.

Sepuluh hari terakhir Ramadan merupakan momen yang paling dinantikan umat Muslim. Itu karena pada momen ini, terdapat satu malam spesial yang penuh keistimewaan, yakni Malam Lailatul Qadar, atau yang disebut juga Malam Seribu Bulan.

Dalam Al Quran dan hadits banyak disebutkan tentang keistimewaan dari malam ini. Salah satunya Surat Al Qadr:1-5:.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan hingga terbit fajar.”

Lailatul Qodar terletak diantara sepuluh hari terakhir, tidak ada yang tau tepatnya. Tetapi ada tanda tanda ciri ciri terjadinya malam lailatul qodar. Berikut diantaranya...

Baca Juga: Keistimewaan Bulan Ramadhan bagi Umat Islam

Ciri ciri Malam Lailatul Qodar

Berikut adalah ciri-ciri dari malam Lailatul Qadar:

• Datangnya tepat pada hari ganjil di sepuluh hari terakhir sebelum ramadhan

• Pada malam tersebut, bulan nampak terlihat separuh bulatan

• Suasana malam lebih terang, udara sejuk, tidak berawan, tidak hujan dan tidak ada angin kencang

• Orang yang beribadah pada malam tersebut akan merasakan lezatnya ibadah dan hatinya lebih tenang daripada malam-malam biasanya, terkadang sampai terbawa mimpi

• Keesokan harinya, cahaya mentari nampak redup, tidak secerah biasanya

• Suasana keesokan paginya sangat tenang, tidak panas dan tidak terlalu dingin

Terdapat beberapa keterangan, sebagian ulama salaf dari kalangan sahabat tabi’in, mereka mandi dan memakai wewangian pada malam sepuluh hari terakhir untuk mencari Lailatul Qadar yang telah Allah muliakan dan tinggikan kedudukannya.

 Tanda tanda lailatul qadar


Wahai orang-orang yang telah menyia-nyiakan umurnya untuk sesuatu yang tak berguna, kejarlah yang luput darimu pada malam kemuliaan ini. Sesungguhnya satu amal shalih yang dikerjakan di dalamnya adalah nilainya lebih baik daripada amal yang dikerjakan selama seribu bulan di luar yang bukan Lailatul Qadar. Maka siapa yang diharamkan mendapatkan kebaikan di dalamnya, sungguh dia orang yang jauhkan dari kebaikan.

sumber: 1001inspirasiramadan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel