31+ Resep Minuman Ramadhan Untuk Buka Puasa

Resep Minuman Ramadhan - Buka puasa tanpa minuman yang enak serta manis tidak afdol rasanya. Kita diperintahkan berbuka oleh Nabi Muhammad dengan sesuatu yang manis-manis.

Sebelumnya kita udah bahas resep buka puasa, sekarang kita akan bahas resep minuman ramadhan. Tak usah kebingungan lagi karena kami sudah merangkum kumpulan resep minuman ramadhan sederhana yang  dan dapat Anda praktekkan di rumah.

Minuman ramadhan segar untuk buka puasa ini sangat mudah untuk dibuat. Selain itu, minuman ini juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Kamu bisa membuat minuman ini sebagai takjil yang akan dinikmati sekeluarga atau dibagikan kepada orang lain. Nah, berikut resep membuat minuman buka puasa Ramadhan terbaik sederhana.

Minuman Ramadhan Buka Puasa

Berikut ini adalah minuman buka puasa ramadhan sederhana.

  • Minuman Buka Puasa Es Cendol atau Es Dawet

Resep Minuman Ramadhan es cendol
Minuman Buka Puasa Es Cendol
Sumber: http://www.satujam.com

Es Cendol atau yang juga dikenal dengan nama  Es Dawet juga merupakan minuman manis khas Indoensia, saat bulan puasa Es Condel ini begitu populer dan menjadi minuman favorit keluarga untuk dihidangkan. Bahan utama dari minuman es Cendol ini adalah dawet yang dibuat dari tepung beras dan hunkwe.

Dawet diolah dengan ditambahkan perwarna makanan yang menjadikan dawet ini begitu khas. Umunya berwarna hitam agak kecoklatan untuk yang berbentuk kotak, ada pula yang berwarna hijau.

Kuah untuk es manis ini berasal dari santan dan air rebusan yang sudah di campur dengan daun pandan. Rasa manis yang khas ada pada minuman ini diperoleh dari gula merah cair, kamu bisa mengatur kadar manisnya sesuai seleramu.

  • Minuman Buka Puasa Es Kolak Pisang

Minuman Ramadhan buka puasa es kolak
Minuman Buka Puasa Es Kolak Pisang
Sumber: http://cumibunting.com/

Siapa yang tidak mengenal dengan minuman yang satu ini? Ya, kolak pisang adalah takjil favorit saat bulan puasa. Minuman kolak pisang sudah sangat merakyat bagi masyarakat Indonesia. Minuman ini begitu khas disaat bulan puasa tiba.

Rasanya sangat merayat memnjadikan minuman ini banyak dijual dipinggir jalan bahkan banyak pula orang-orang dermawan yang membagikan minuman es kolak pisang kepada pengendara-pengendara pinggir jalan saat buka puasa telah tiba.

Tentunya, kamu juga hampir tidak akan melewatkan minuman yang satu ini dirumahmu. Untuk membuatnya, gunakan pisang kepok dan ubi kuning untuk isi kolak yang akan dibuat. Sementara untuk membuat kuah kolak, kamu memerlukan air, santan, sedikit tepung maizena, serta gula merah.

Kolak pisang adalah minuman sederhana yang selalu menjadi menu buka puasa andalan bagi banyak keluarga di Indonesia. Minuman ini bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

  • Es Timun Jeruk nipis

Resep minuman buka puasa ramadhan

Siapa sangka, timun yang umumnya menjadi sayur untuk lauk pauk bisa diolah menjadi minuman buka puasa lezat. Es timun ini sendiri merupakan minuman buka puasa khas Aceh yang sudah cukup populer.

Bahan-bahan:
3 buah ketimun jepang
1/2 buah melon
200 gram gula pasir
200 ml air
air perasan 3 buah jeruk nipis
2 sendok teh kulit jeruk nipis
5 lembar daun mint
2 buah jeruk nipis
es batu secukupnya

Cara membuat minuman buka puas es timun jeruk nipis:
Larutkan gula pasir dengan air yang sudah dipanaskan.
Setelah larut dan didinginkan, tambhakn air perasan jeruk nipis.
Keruk ketimun dan melon yang telah dikupas dan dibuang bijinya dan masukkan kedalam larutan gula, lalu didiamkan selama kurang lebih satu jam.
Setelah itu, tambahkan irisan jeruk nipis, daun mint yang disobek dan juga es batu sesuai selera.

  • Yakult Melon

Es yakult Melon
Sumber: Eat Smarter

Tak kalah menariknya, Variasi minuman olahan yakult juga kini tengah digandrungi. Nggak ada salahnya berkreasi dengan minuman buka puasa menggunakan bahan yang satu ini.

Bahan-bahan:
¼ buah melon
2 botol yakult
1 sendok teh chia seed
100 ml air soda
Es batu secukupnya

Cara membuat minuman berbuka yakult melon:
Blender buah melon yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil bersama es batu dan yakult.
Setelah tercampur rata, tambahkan chia seed yang sebelumnya sudah direndam dengan air.
Tambahkan air soda dan aduk minuman hingga rata, yakult melon siap disajikan.

  • Jus Mangga Kekinian

Sumber Gambar: Detik

Pernah coba jus mangga kekinian yang dicampur dengan es krim dan juga potongan buah mangga segar? Belum kan? Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah untuk minuman buka puasa, lho!

Bahan-bahan:
2 Buah Mangga Matang
1 cup es krim vanilla
Whipped cream secukupnya
Cara membuat es buah mangga kekinian:

Potong dadu buah mangga, sebagian di blender menjadi jus, sebagian tiriskan sebagai topping.
Masukkan es krim vanilla kedalam jus mangga, kemudian tambahkan whipped cream secukupnya.
Terakhir, taburkan sisa potongan buah mangga diatas whipped cream dan es buah mangga siap menemanimu berbuka puasa.

  • Minuman Buka Puasa Es Lidah Buaya


Minuman Buka Puasa Es Lidah Buaya
https://id.tastemade.com/

Boleh saya bilang, es lidah buaya adalah es segar yang paling nikmat menurut saya. Memang rasanya tidak seenak es buah lainnya namun es lidah buaya bisa memberikan kesan paling kuat dan selalu membuat ketagihan. Tekstur rasa dari irisan daunnya begitu mengesankan lidah dan tenggorokan.

Minuman segar ini mudah untuk dibuat dan menyehatkan, tentu tanaman lidah buaya akan banyak kita temui di daerah kita. Resep dan cara membuatnya juga cukup praktis dan tidak membutuhkan bahan-bahan lain yang sulit didapat.

Tentunya akan lebih praktis jika kamu punya tanaman lidah buaya (aloe vera) ini di pekarangan rumahmu. Kamu akan mendapatkan daun lidah buaya segar yang baru saja kamu petik.

Untuk membuat es lidah buaya kamu cukup mengambil dan mencuci daging lidah buaya. Lalu rebus air, gula, bersama pandan sampai mendidih. Setelah hampir matang, masukkan daging lidah buaya dan matikan api.

Lalu diamkan rebusan lidah buaya selama 1 jam, lalu sajikan dengan es batu. Agar lebih nikmat, saat di sajikan kamu bisa menambahkannya biji selasih untuk menambah sensasi menikmati es lidah buaya. Es ini sangat tepat ini dihidangkan saat berbuka puasa.

  • Jus Kurma

Minuman Ramadhan Jus Kurma

Minuman ramadhan ini cukup mudah dibuat. Iseng punya kurma sama susu uht, saya mencoba berkreasi, jadilah jus kurma.

Bahan-bahan
15 buah kurma
1 gelas susu UHT full cream

Langkah
Belah kurma menjadi 2 lalu buang bijinya, masukkan ke dalam blender
Tuang satu gelas susu, blender bersamaan dengan kurma
Selesai, bisa ditambahkan esbatu atau disimpan dlu di kulkas

  • Minuman Buka Puasa Es Sop Buah

Minuman Buka Puasa Sop Buah
http://www.pengusahasukses.com

Sop buah adalah minuman segar yang menjadi menu takjil yang cukup favorit bagi masyarakat kita. Di saat-saat menjelang buka puasa, pasti akan banyak kita temui penjual sop buah di pinggir-pinggir jalan.


Cara membuat sop buah ini pun cukup mudah Kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 jenis buah favoritmu, buah-buahan yang bisa kamu pakai bebas dan bisa kamu lebihkan, sebagai petunjung buah yang sangat rekomended seperti buah naga, jeruk, semangka, melon, kiwi, stroberi, pepaya, dan anggur.

Nah, untuk membuat kuah sop buah, cukup siapkan air matang, susu kental manis, dan sirup rasa stroberi. Namun, tidak masalah jika kamu tidak ingin menambahkan sirup. Campurkan buah-buahan ke dalam susu dan sajikan dengan es yang sudah di pecah / di serut.

  • Minuman Buka Puasa Es Selendang Mayang

Minuman Ramadhan es selendang Mayang
Minuman Buka Puasa Es Selendang Mayang
Sumber: http://health.grid.id/

Jika kamu sedang berada diluar Jakarta, mungkin kamu akan sulit mendapatkan Es Selendang Mayang, ya karena minuman ini adalah minuman khas daerah Betawi. Es Selendang mayang ini adalah minuman manis yang sangat menyegarkan lho.

Tentu bisa kamu jadikan minuman buka puasa yang beda. Cara membuat es selendang mayang sediakan dahulu tepung hunkwe sebagai bahan utama. Kemudian tepung hunkwe dijadikan adonan dan dicampur dengan air dan sagu tani.

Setalah adonan sudah siap, adonan tersebut diberi tanmabhan pewarna makanan umunya dipilih merah dan hijau, jangan lupa buat juga adonan yang tidak diberi pewarna. Tumpuk adonan dengan susunan pink, putih, dan hijau.

Setelah jadi, kamu tinggal membuat kuahnya dengan air rebusan daun pandan, santan, dan gula merah, lalu tiriskan sebentar. Setelah dingin sajikan es selendang mayang ini dengan es batu, karena minuman ini lebih enak jika diminum dalam keadaan dingin.

  • Minuman Buka Puasa Es Kacang Hijau

Resep minuman ramadhan es kacang ijo
Minuman Buka Puasa Es Kacang Ijo
Sumber: https://rasamasa.com/

Ini adalah minuman spesial yang kaya akan manfaat, mungkin kamu sudah tahu semua akan manfaat dari kacang hijau yang kaya protein baik untuk kesehatan tubuh. Kacang dihijau juga bisa dijadikan minuman segar dan manis untuk takjil berbuka puasa.

Minuman es kacang hijau ini sangat mudah dibuat sendiri dirumah, selain itu saat puasa es kacang hijau juga banyak dijual di warung kaki lima. Proses pembuatan kacang hijau ini cukup mudah, kamu cuma perlu merendam kacang hijau mentah di dalam air hangat hingga mengembang.

Setelah itu kacang hijau rebus ulang agar diperoleh tekstur yang lebih empuk. Untuk kuahnya dibuat dari air rebusan daun pandan, susu kental manis, sedikit santan, dan gula merah cair. Minuman ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.

Jika kamu ingin menyajikannya dalam bentuk es kacang hijau, tambahkan serutan es batu lalu ditambahn dengan sirup manis seperti sirup marjan yang berwarna merah atau hijau. Minuman buka puasa es kacang hijau ini sangat pas untuk disajikan menjelang buka puasa.

Baca berbagai kumpulan resep minuman Buka puasa ramadhan di cookpad.

Minuman – minuman diatas sangat baik bagi pereda stress saat pikiran terasa suntuk dan kurang semangat, karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan.

Tak perlu ribet ketika akan membuat minuman segar untuk berbuka puasa. Banyak sekali minuman-minuman segar yang bisa kita buah dengan mengandalkan bahan-bahan yang sudah ada disekitar kita. Dengan begitu, kamu bisa lebih berkreasi untuk membuat minuman minuman segar untuk berbuka puasa.

Catatan
Sedikit tambahan, bagi kamu yang menderita obesitas, diabetes atau gangguan lain yang tidak dianjurkan untuk minum minuman manis, dirasa minuman-minuman diatas kurang tepat untukmu.

Itulah kumpulan resep minuman Ramadhan segar sederhana dari Al fath blog. Selamat berkreasi. Semoga ramadhan mu menyenangkan.


M Ahdaf Saya ialah seorang wong ndeso serta demen berinternetan. Profesi saya ialah pelajar yang kerjanya belajar, belajar berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.

Belum ada Komentar untuk "31+ Resep Minuman Ramadhan Untuk Buka Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel